Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Resep Dan Cara Membuat Kue Carabikang



Resep Dan Cara Membuat Kue Carabikang | Assalamuailaikum…. Negeri Indonesia ini memang punya ragam resep-resep kuliner dari banyak kebudayaan nusantara, entah itu yang teradisional atau sajian masakan yang modern. Diantara sajian dari kue tradisional adalah dari kue jenis carabikang. Kue carabikang adalah salah satu aneka kue basah yang berbentuk bulat dengan gumpalan serat di atasnya yang menyerupai bunga mekar. Kue carabikang biasanya dapat di temui pada macam-macam kudapan tradisional. Disamping itu, kue tersebut amatlah sangat sesuai bila di sajikan saat-saat waktu ada resepsi pernikahan, resepsi khitanan juga terhadap acara yang lain nya. Kue carabikang terbuat dari bahan biang adalah tepung beras serta santan lalu di masak, dan di tambahkan pewarna agar punya kesan menarik dari penyajiannya. Dalam langkah pembuatannya dengan proses mencetak adonan lalu di panggang sampai matang. Kue tradisional khas nusantara ini bisa Anda buat sendiri dengan resep dan pengolahan sebagai berikut.

Bahan untuk membuat kue carabikang:


  • 175 gram tepung beras
  • 250 ml santan kental
  • 1 sdm tepung terigu
  • 75 gram gula pasir
  • 25 gram gula aren
  • Air daun suji (dari 10 lembar daun suji)

kue carabikang

 

Cara membuat kue carabikang:


  1. Masukkan 2 sdm tepung beras ke dalam santan kental, lalu masak hingga mendidih dan tidak pecah. Kemudian angkat dan sisishkan.
  2. Masukkan tepung terigu, gula pasir, dan sisa tepung beras ke dalam wadah.
  3. Masukkan santan pertama sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk-aduk.
  4. Uleni adonan untuk dan diamkan adonan selama 1 jam.
  5. Bagi adonan untuk diberi pewarna dengan daun suji, gula aren, dan warna asli.
  6. Panaskan cetakan kue carabikang sampai panas, lalu tuangkan adonan warna pertama sebanyak ¼ cetakan, lalu tambahkan warna lain sesuai selera.
  7. Panggang kue sampai matang dan berlubang-lubang.
  8. Olesi kue dengan santan kental, lalu congkel dan angkat.
  9. Kue carabikang siap dihidangkan.

Itulah resep dan cara membuat kue carabikang. Sekarang Anda bisa membuat kue tradisional khas nusantara ini di rumah. Selamat mencoba…

Wassalamualaikum…
0 Komentar untuk "Resep Dan Cara Membuat Kue Carabikang"

Back To Top