Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Cara Membuat Mahar Koin Siluet

Cara Membuat Mahar Koin Siluet | Assalamualaikum…. Mahar merupakan sesuatu yang diberikan suami kepada istri berupa harta atau bentuk lainnya sebagai salah satu syarat dalam pernikahan. Mahar atau disebut juga dengan mas kawin diterangkan di dalam Alquran. Mahar (mas kawin) merupakan hak seorang wanita yang harus dipenuhi oleh lelaki yang akan menikahinya.

Mahar menjadi hak milik seorang isteri dan tidak boleh siapapun mengambilnya, entah ayahnya atau pihak lainnya, kecuali bila istri ridho memberikan mahar tersebut kepada siapa yang memintanya. Di era sekarang ini sudah banyak yang membuat berbagai macam bentuk mahar dengan koin dan uang kertas. Banyak orang yang akan menikah mengkreasikan mahar pernikahannya dengan berbagai bentuk yang nantinya setelah menikah bisa dijadikan hiasan yang sangat indah ketika kita melihatnya.

Sekarang juga sudah banyak orang yang menawarkan jasa pembuatan mahar. Saya dan calon istri saya ingin membuat mahar koin siluet. Tetapi untuk membuat mahar koin siluet, jasa pembuatannya cukup mahal. Sehingga kami memutuskan untuk membuat mahar koin siluet sendiri. Jadi biaya untuk jasa pembuatan maharnya bisa digunakan untuk keperluan pernikahan yang lainnya. Lumayan…….

Setelah keputusan kami sudah bulat, kami mulai mengumpulkan uang koin. Kumpulkan koin sesuai ukuran bingkai dan jumlah nominal uang mahar. Di Negara kita menyediakan berbagai macam pecahan uang koin (100,200,500,dan 1000). Kami akan membuat mahar dengan uang koin pecahan 100 rupiah. Untuk mencari uang koin 100 pun cukup sulit. Karena di bank tidak menyediakan uang koin 100 rupiah. Mereka hanya menyediakan uang koin pecahan 500 rupiah. Kami sempat bingung,, nyari dimana yah uang koin 100 rupiah??? Akhirnya kami menukarkan ke warung-warung dan teman-teman yang mempunyai celengan uang koin. Sedikit demi sedikit kami kumpulkan uang koin 100 rupiah. Memang butuh perjuangan untuk mengumpulkannya. Tetapi tidak masalah bagi kami. Karena untuk menghasilkan sesuatu yang indah dan yang kita inginkan membutuhkan perjuangan.

Setelah uang koin 100 rupiah terkumpul sesuai dengan nominal yang kita inginkan, kami pun masih harus berjuang untuk membuat koin menjadi mengkilap. Karena koin yang kami tukarkan ada yang kusam. Agar lebih indah sebaiknya menggunakan koin yang mengkilap. Untuk mengkilapkan uang koin, kami menggunakan brasso. Membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk menggosok koin agar menjadi mengkilap.
mahar
Mengkilapkan koin
Setelah uang koin mengkilap semua, kami pun membeli bingkai. Kami mencari bingkai yang mempunyai kedalaman 5cm. Agar hiasan menjadi lebih bagus, sebaiknya gunakan bingkai yang memiliki kedalaman minimal 3cm. Setelah kami membeli bingkainya, lanjut ke proses berikutnya yaitu menyiapkan background untuk menempelkan koin. Untuk background itu sendiri bisa menggunakan kain atau kertas karton. Warna background bisa menggunakan warna merah, hitam, hijau, dan lain-lain, terserah saja sesuai keiinginan. Tapi saran kami gunakan background hitam agar lebih dramatis. 
Mahar Koin Silluet
Penempelan koin di atas background
Akhirnya background pun sudah siap. Atur dahulu uang koin di atas background agar jaraknya sesuai. Kami tempelkan satu per satu koin di atas background menggunakan lem tembak. Setelah koin tertempel rapih, tempelkan foto silluet yang sebelumnya sudah saya cetak. Untuk foto siluet bisa diedit menggunakan photoshop. Sebelum menempelkan foto, potong dahulu bagian silluet nya. Karena yang ditempelkan di atas koin hanya siluetnya saja. Setelah tertempel rapih, lanjut ke proses berikutnya. Agar mahar koin silluet menjadi lebih indah, kami hias pojok-pojok mahar koin siluet dengan uang kertas yang di bentuk bunga dan kupu-kupu. Tempelkan di setiap pojok. Setelah rapih semua,, kami lanjut ke proses terakhir. Sebelumnya pastikan dahulu bahwa jumlah nominalnya sudah sesuai dengan mahar. Jangan sampai nominalnya berkurang atau kelebihan. Apabila sudah sesuai mahar, pasang bingkai pada mahar koin siluet yang telah dibuat. Mahar pun sudah siap untuk diserahkan ke mempelai wanita.


Mahar Koin
Pastikan penempelan koin di atas background rapih
Mahar Koin Silluet
Foto silluet di tempel di atas koin
Mahar Koin Silluet
Penambahan hiasan
Mahar
Dipasang dibingkai
Itulah kisah kami saat membuat mahar koin siluet. Pernikahan adalah sesuatu yang hanya dilakukan sekali seumur hidup. Jadi buatlah pernikahan Anda berjalan dengan khidmat dan berkesan. Agar Anda dan pasangan Anda selalu mengingat momen-momen indah saat pernikahan. Semoga bisa menginspirasi Anda yang akan melangsungkan pernikahan. Sekian dan terima kasih….

Wassalamualaikum….
Tag : tips
6 Komentar untuk "Cara Membuat Mahar Koin Siluet"

Mas kertas buat nge print fotonya itu kertas apa ?

Kalo ga salah kertas doft bu. Waktu itu saya cetak di percetakan foto.

Menempel fotonya siluet menggunakan lem apa mas?

Mas, kmrn sya nanya kertas doft d percetakan foto. Malah seperti kertas foto biasa. Nggak transparan kya mas itu?.
Bilang apa ya mas wktu d percetakan. Spya hasilx kya foto mas itu.

untuk brasso nya beli dmn ya mas?

Back To Top