Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Obyek Wisata Raja ampat Yang Indah



Obyek Wisata Raja ampat Yang Indah | Assalamualaikum Indonesia,, yang ingin berlibur ke kepulauan Raja ampat,, saya akan berbagi info tentang beberapa pulau yang indah di kepulauan Raja ampat. Kepulauan Raja ampat memang menyuguhkan pesona alam yang sangat indah. Banyak pulau-pulau indah yang terdapat disana. Semua itu tidak terlepas dari ciptaan tuhan. Jadi kita patut mensyukuri itu. Nah,, mari kita simak beberapa  keindahan pulau-pulau yang ada  di kepulauan Raja ampat. Cekidot…..!!!!!

1.PULAU MISOOL

obyek wisata raja ampat yang indah
pulau misool

 

Pulau Misool ibarat kapling surga kecil dengan keindahan pantai dan taman laut yang menakjubkan. Membentang sederetan pulau batu karang di bagian barat dan timurnya, Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Misool berbatasan langsung dengan Laut Seram dan  perairan laut lepas yang menjadi jalur lintas hewan besar termasuk paus. Anda dapat menikmati segala keindahan di Pulau Misool tanpa harus membaginya dengan banyak orang. Nyatanya memang pulau-pulau yang tersebar itu sebagian besar tak berpenghuni.
obyek wisata raja ampat
bawah laut pulau misool

Keberadaan surga bawah laut di Misool sudah dapat diidentifikasi bahkan sebelum Anda mencebur ke beningnya air laut yang berwarna turquoise amat menyejukkan mata. Panorama menawan pulau terpencil yang nyaris tak terjamah ini meliputi hamparan laut lepas yang luas dan amat bening, pasir putihnya terhampar sepanjang pesisir pantai dan dikelilingi pepohonan hutan tropis dan mangrove yang hijau permai. Pemandangan menyegarkan ini jelas akan menawan hati siapa pun yang melihatnya apalagi dengan apa yang disembunyikan di bawah perairan lautnya. 

2.PULAU WAIGEO

obyek wisata raja ampat
pulau waigeo

 

Pulau Waigeo Indonesia memiliki berbagai macam keindahan alam yang patut di banggakan, salah satunya adalah Raja Ampat. Kabupaten Raja Ampat ini memiliki banyak sekali pulau-pulau kecil serta memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa, salah satunya adalah Pulau Waigeo dan bahkan lokasi ini sangat terkenal di berbagai belahan dunia, terbukti dengan banyaknya wisatawan asing yang suka menyelam di perairan Pulau Waigeo ini.
Lokasi dan Transportasi
Pulau Waigeo ini merupakan pulau terbesar yang ada di Kepulauan Raja Ampat, pulau ini berada di bagian barat laut Provinsi Irian Jaya Barat atau yang dikenal dengan nama Papua Barat. Karena Kepulauan Raja Ampat ini sudah menjadi daerah wisata, maka akses untuk mencapai lokasi Pualau Waigeo ini pun sudah semakin mudah.
Untuk bisa sampai ke Pulau Waigeo, maka anda harus pergi ke kota Sorong terlebih dahulu, hal ini dikarenakan kota Sorong adalah pintu gerbang dari kepulauan Raja Ampat. Bagi anda yang berasal dari luar Papua maka anda bisa naik pesawat dengan tujuan kota Sorong, setelah itu naik taksi dari bandara dengan tujuan Dermaga Sorong, tarif taksi dari bandara kurang lebih sekitar Rp 20.000*) sekali jalan, namun jika anda berangkat dari terminal sorong maka mungkin harganya kurang lebih hanya sekitar Rp 3.000*) hingga Rp 4.000*) saja.
Setelah sampai di dermaga Sorong, maka anda tinggal menaiki kapal rakyat milik pemerintah untuk bisa sampai ke Pulau Waigeo ini, perjalanan memang cukup jauh, karena anda harus menempuh perjalanan laut kurang lebih selama 2 hingga 3 jam. Tarif untuk kapal ini sekitar Rp 120.000*) per orang.
Anda akan tiba di Waisai, ibu kota dari Raja Ampat yang terletak di kawasan Pulau Waigeo. Kapal rakyat ini hanya melayani penyebrangan setiap satu kali sehari pada pukul 14:00 WIT, sehingga anda jangan sampai terlambat. Dari waisai, anda tinggal menyewa speed boat ataupun perahu milik penduduk lokal untuk mengantarkan anda menuju spot menyelam yang anda inginkan.
Nah, untuk waktu keberangkatan yang fleksibel serta waktu tempuh yang lebih cepat, anda bisa menyewa speed boat ataupun long boat dengan kapasitas maksimal sekitar 15 hingga 20 orang untuk membawa anda menuju Pulau Waigeo dan beberapa lokasi lainnya.
Biaya sewanya memang cukup mahal karena biaya bahan bakar yang tinggi di wilayah ini. Perharinya anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 5 juta*).
Wisata Pulau Waigeo ini tidak hanya menjadi tempat wisata saja, karena sejak 1997 yang lalu, Pulau Waigeo ini telah menjadi sebuah lokasi pembudidayaan mutiara yang di kelola oleh Perusahaan Negara tetangga, yaitu Australia.
Sayang sekali bukan, padahal jika masyarakat Indonesia bisa lebih mengembangankan kemampuannya maka mutiara-mutiara yang indah itu bisa menjadi milik dan di gunakan untuk kepentingan negara Indonesia ini sendiri.
Pulau Waigeo ini juga memiliki spot-spot penyelaman yang sangat indah, banyak sekali jenis-jenis flora dan fauna yang mungkin jarang anda temui. Pulau yang memiliki luas kurang lebih sekitar 3155 kilometer ini memiliki titik tertinggi sekitar 1000 meter. 

Baca juga : Seni Dalam Fotografi

3.Goa tomolol

obyek wisata raja ampat yang indah
goa tomolol

 

Di Tomolol, Anda akan terkagum-kagum dengan gua-nya. Anda dapat melihat lukisan telapak tangan manusia dan hewan yang sangat besar. Dilukis oleh penghuni gua dari masa prasejarah. Sedangkan di sebelah utara Waigeo, Anda juga dapat belajar sejarah dengan mengunjungi gua dari masa Perang Dunia II, tempat pasukan Belanda dan Jepang membangun bungker mereka. Kadang masyarakat setempat melakukan tarian perang yang dapat Anda saksikan. Ada juga air terjun yang terus mengalir di Salawati, pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan pastinya.
obyek wisata raja ampat yang indah
pulau ayau
Selain itu, terdapat juga pulau eksotik yaitu Pulau Ayau yang terdiri dari pulau-pulau kecil di Kepulauan Karang yang sangat besar dimana dasar lautnya berpasir putih dan menghubungkan satu pulau dengan yang lain.
Ada juga pulau-pulau dengan pasir yang unik, masyarakat setempat menyebutnya "Zandplaat". Di sini merupakan habitat unik vegetasi lokal. Anda dapat melihat ibu-ibu dan anak suku setempat menangkap cacing laut (insonem).

Nah,, itulah beberapa obyek wisata raja ampat yang indah. Ternyata di negeri kita, di Indonesia ada tempat yang seindah itu yahhh???? Kita patut bangga memiliki pulau yang seindah itu, apa lagi pulau itu sudah mendunia. Woww…….
Sekian semoga info dari saya bisa mermanfaat untuk anda-anda semua.
Terima kasih…….
Salam Indonesia | Wassalamualaikum…
Tag : tips
0 Komentar untuk "Obyek Wisata Raja ampat Yang Indah"

Back To Top