Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Seni Dalam Fotografi



Seni Dalam Fotografi | Assalamualaikum,, seni memang ada macam-macam, nah,, buat kamu yang suka dengan dunia fotografi atau yang baru belajar fotografi, saya akan berbagi info tentang seni fotografi. Beberapa kategori seni dalam fotografi.

Fotografi Arsitektur

seni fotografi

 

Fotografi Arsitektur adalah praktek memotret suatu bangunan/gedung dan ataupun struktur bangunan serupa, baik di dalam maupun di luar bangunan. Foto arsitektur biasanya dibuat oleh fotografer arsitektur yang ahli dalam penggunaan teknik khusus dan peralatan khusus. Pada intinya, praktek fotografi arsitektur adalah keterampilan untuk membuat foto yang menampilkan sisi estetika yang baik dan merepresentasikan objeknya secara akurat.
Fotografi arsitektur biasanya dibuat baik dari sisi luar tampak bangunan (exterior view), atau di bagian dalam bangunan (interior view). Teknik yang digunakan pada kedua tipe/jenis fotografi tersebut tidak berbeda jauh/serupa, walaupun memiliki beberapa perbedaan dan kadang-kadang membutuhkan peralatan yang berbeda.

Fotografi Lanskap

seni dalam fotografi

 

Fotografi Lanskap, dimaksudkan untuk menunjukkan ruang yang berbeda dalam dunia, kadang-kadang luas dan tak berujung, tapi kali lain mikroskopis. Foto-foto biasanya menangkap kehadiran alam dan sering bebas dari penghalang buatan manusia. Fotografer Lanskap sering mencoba untuk mendokumentasikan ruang serta menyampaikan apresiasi dari pemandangan.
Banyak foto-foto Landscape menunjukkan sedikit atau tidak ada aktivitas manusia, dan diciptakan dalam mengejar kemurnian, sebuah penggambaran alam murni tak ternoda tanpa pengaruh manusia, bukan menampilkan subjek seperti bentang alam yang sangat ditentukan, cuaca, dan cahaya ambient. Seperti kebanyakan bentuk seni, definisi sebuah foto lanskap begitu luas, dan sekarang termasuk perkotaan, kawasan industri, dan fotografi alam. Air terjun, pantai, laut, dan pegunungan sangat populer dalam fotografi Landscape klasik. Fotografer lanskap biasanya berusaha tidak hanya untuk menyampaikan aspek dokumenter, tetapi juga apresiasi terhadap pemandangan yang sedang difoto.Foto-foto dalam kategori lanskap obyeknya adalah pemandangan alam yang unsur utamanya berupa unsur-unsur yang tidak hidup seperti tanah, air, langit maupun kombinasi ketiganya.

Baca juga : Tips Fotografi Lanskap

Fotografi Alam

seni fotografi

 

Fotografi Alam menampilkan beragam/berbagai macam fotografi yang diambil di luar ruangan dan ditujukan untuk menampilkan unsur-unsur alam seperti pemandangan alam, satwa liar, tumbuhan, maupun close-up adegan alam dan tekstur. Fotografi alam cenderung lebih menempatkan penekanan yang kuat pada nilai estetika dari suatu foto dibanding genre fotografi lainnya, misalnya seperti foto jurnalistik dan fotografi dokumenter. Campur tangan manusia dan hasil karyanya tidak diperbolehkan dalan kategori fotografi ini.

Fotografi Portrait

seni dalam fotografi

 

Fotografi Potrait adalah fotografi yang menampilkan wajah/rupa seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), dimana wajah dan ekspresi dari orang yang dipotret adalah yang paling dominan. Tujuannya adalah untuk menampilkan wajah/rupa, kepribadian, dan bahkan suasana hati dari subjek foto. Seperti jenis-jenis potret yang lain, fokus dari foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan. Sebuah potret umumnya bukan merupakan foto snapshot, tetapi foto yang terdiri dari orang dalam posisi diam (tidak bergerak). Potret sering menampilkan seseorang yang sedang melihat langsung pada kamera. Foto potret harus dapat menunjukkan/menyampaikan emosi, suasana hati/mood dan ide-ide dari ekpresi orang yang difoto walaupun orang tersebut tidak melihat langsung ke kamera.
Tidak seperti kebanyakan gaya fotografi lain, subjek dari fotografi potret sering non-profesional model. Potret keluarga saat memperingati acara-acara khusus, seperti wisuda atau pernikahan, dapat diproduksi secara profesional untuk dipublikasikan atau mungkin dapat juga hanya untuk kepentingan pribadi.
Namun, potret banyak juga dibuat untuk tampilan publik mulai dari potret seni rupa, potret komersial yang digunakan untuk menggambarkan laporan tahunan perusahaan, maupun untuk potret promosi.

Fotografi Snapshot

seni fotografi

 

Sebuah foto snapshot populernya didefinisikan sebagai sebuah foto yang “dijepret” secara spontan dan cepat, seringnya tanpa disertai unsur seni atau jurnalistik. Snapshots umumnya dianggap secara teknis “tidak sempurna” atau amatir-tidak fokus atau buruk komposisinya. Subjek snapshot umumnya meliputi peristiwa sehari-hari, seperti pesta ulang tahun dan perayaan lainnya; matahari terbenam, anak-anak bermain; foto kelompok; hewan peliharaan, tempat wisata dan sejenisnya.
“Snapshot camera” dimudahkan dengan mengotomatisasi flash, ISO, fokus, kecepatan rana, dan fungsi lainnya, sehingga pengambilan gambar dengan kualitas baik dapat dilakukan secara sederhana. Fotografer yang lebih ahli, yang dapat mengontrol titik fokus, dapat menggunakan shallow depth of field (DOF) sehingga bisa didapatkan gambar yang lebih menyenangkan dengan mengaburkan latar belakang dan membuat subjek lebih menonjol.

Fotografi Makro

seni fotografi makro

 

Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak menggunakan alat pembesar optik seperti mikroskop, lup dan sejenisnya. Fotografi makro biasanya memiliki rasio 1:1 yaitu besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya. Sebagai contoh, pada film 35 mm yang memiliki ukuran film atau sensor 24×36 mm pada kamera, lensa juga harus dapat fokus pada area sekecil 24×36 mm. Dengan demikian obyek foto akan direfleksikan pada film atau sensor kamera sama besarnya. Fotografi macro harus menggunakan lensa yang peruntukannya memang untuk kategori.
Fotografi makro merupakan fotografi dengan teknik pembesaran pada sebuah objek mikro. Foto ini menjadi sangat menarik karena kehidupan organ mikro dapat di nikmati dengan kasat mata bagi para penikmat fotografi. Tidak semua objek makro itu harus serangga, namun, kehidupan serangga menjadi daya tarik tersendiri sehingga foto makro identik dengan foto kepik, lebah, lalat, ulat, semut, keong kecil dan serangga.

Demikian tentang seni dalam fotografi, seni itu memang indah dan mahal harganya. Apalagi kalau kita membuat seni itu dengan sepenuh hati kita.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua…..
Terima kasih……

Salam jepret | Wassalamualaikum

Tag : tips
0 Komentar untuk "Seni Dalam Fotografi"

Back To Top