Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

5 Penyebab Anda Mudah Ngantuk Selain Kurang Tidur




5 Penyebab Anda Mudah Ngantuk Selain Kurang Tidur | Assalamualaikum… Sering kali kita merasakan ngantuk. Kita juga selalu memberikn alasan mengntuk karena kurang tidur. Namun, sebenarnya itu bukan alasan yang tepat. Masih ada penyebab Anda mudah ngatuk. Ini penyebabnya: 

penyebab mudah ngantuk

1.Sleep Apnea


Sebagian orang merasa sudah cukup tidur, tapi ada kondisi yang sering tak disadari yang mencuri kualitas tidur mereka. Sleep apnea alias mengorok dan henti napas saat tidur dapat terjadi beberapa kali dalam semalam.
Walau kita tak menyadarinya, tapi hal ini dapat membuat tidur terganggu sehingga bangun tidur kita justru merasa loyo. Sleep apnea sering dialami oleh mereka yang kegemukan, karena itu cobalah menurunkan berat badan. Berhenti merokok dan menggunakan alat CPAP (continuous positive airway pressure) juga membantu meringankan gejala sleep apnea.

2.Asupan makanan yang salah


Makan terlalu sedikit memang bisa membuat tubuh kurang bertenaga, tetapi asupan yang salah adalah penyebab utamanya. Jika menu sarapan Anda kebanyakan terdiri dari karbohidrat sederhana seperti roti putih atau donat, kadar gula darah dengan cepat mencapai puncak lalu turun. Suplai energi menjadi tidak stabil. Solusinya, pilihlah menu sarapan yang sehat. Termasuk di dalamnya protein tanpa lemak dan karbohdirat kompleks, seperti telur dengan roti gandum utuh.

3.Anemia


Anemia adalah penyakit darah yang sering ditemukan. Beberapa anemia memiliki penyakit dasarnya. Anemia bisa diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau morfologi sel darah merah, etiologi yang mendasari, dan penampakan klinis. Penyebab anemia yang paling sering adalah perdarahan yang berlebihan, rusaknya sel darah merah secara berlebihan hemolisis atau kekurangan pembentukan sel darah merah ( hematopoiesis yang tidak efektif). Anemia alias kekurangan sel darah merah adalah penyebab utama kelelahan pada wanita. Kekurangan zat besi penyebab anemia bisa dikoreksi dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging, hati, kerang, atau kacang-kacangan. Suplemen zat besi juga bisa dikonsumsi jika diperlukan.

4.Gangguan tiroid


Tiroid adalah kelenjar kecil di bagian bawah leher. Fungsi kelenjar ini mengontrol metabolisme. Jika tiroid tidak aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, kita pun akan merasa tidak berenergi dan berat badan melonjak.
Penyebabnya adalah Auto-imun (dimana tubuh menghasilkan antibodi yang menyerang komponen spesifik pada jaringan tersebut). Obat-obatan tertentu yang dapat menekan produksi hormon tiroid. Kurang iodium dalam diet dan air minum, sehingga kinerja kelenjar tiroid berkurang dan menyebabkan pembengkakan.

5.Kebanyakan kafein


Kafein bisa jadi penyebab Anda mudah ngantuk. Meski kafein diandalkan banyak orang untuk melawan rasa kantuk dan lelah, tapi dalam dosis terlalu banyak kafein bisa menyebabkan kelelahan. Jadi konsumsi kafein secukupnya saja.

Itulah Penyebab Anda Mudah Ngantuk Selain Kurang Tidur. Periksa dahulu kenapa Anda mudah ngantuk. Sebaiknya jangan terlalu sering begadang. Sekian dan terima kasih….

Wassalamualaikum……
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "5 Penyebab Anda Mudah Ngantuk Selain Kurang Tidur"

Back To Top