Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

5 Makanan Penyebab Sakit Kepala



5 Makanan Penyebab Sakit Kepala | Assalamualaikum…. Kita memng sering mengalami sakit kepala. Penyebab sakit kepala sangat banyak, namun ternyata, sakit kepala juga bisa dipicu oleh jenis makanan yang kita konsumsi. Mungkin Anda ragu-ragu, apakah benar sakit kepala bisa disebabkan oleh makanan? Apa saja makanan penyebab sakit kepala?
penyebab sakit kepala

Kafein termasuk salah satu kandungan yang bisa meningkatkan intensitas sakit kepala. Namun, seberapa banyak kandungan kafein dapat menyebabkan sakit kepala, sangat berbeda tergantung kondisi seseorang.


Pola penyebab sakit kepala pada seseorang memang berbeda-beda. Pada sebagian orang, contohnya, kebiasaan diet yang salah pun bisa menjadi penyebab sakit kepala. Kondisi tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik (dehidrasi) dan terlambat makan pun bisa mengakibatkan sakit kepala.
Berikut ini makanan penyebab sakit kepala:

1. Daging Olahan


Banyak penelitian mengungkap, pengawet yang digunakan dalam daging olahan seperti nitrat dan nitrit dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang. Hindari daging olahan (processed meat) yang diproses tidak sehat untuk membantu mencegah sakit kepala Anda.

2. Cabai-cabaian


Cabai mengandung bahan yang disebut capsaicin yang dapat memicu sakit kepala migrain. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari konsumsi cabai jika Anda sering mengalami migrain.

3. Citrus


Buah-buahan seperti jeruk dan kiwi ternyata termasuk makanan penyebab sakit kepala. Pasalnya, ia mengandung kombinasi tyramine dan histamin yang bisa menjadi pemicu sakit kepala bila dikonsumsi.

4. Kopi


Banyak yang menyukai kopi karena dapat membuat Anda tetap waspada dan mengurangi kelelahan. Namun di balik itu, kecanduan kopi dapat menyebabkan penarikan kembali kafein yang menyebabkan kita menjadi susah tidur dan sakit kepala.

5. Es Krim


Jenis makanan ini memang disukai begitu banyak orang. Namun tak banyak yang tahu bahwa es krim merupakan makanan penyebab sakit kepala. Sebenarnya, banyak penelitian menunjukkan pemicu sakit kepala utama adalah makanan yang dingin. Maka selain es krim, hindari makanan atau minuman yang terlampau dingin bila Anda terlalu sering terserang sakit kepala.

Itulah Makanan yang bisa menyebabkan sakit kepala. Apabila Anda sakit kepala, sebaiknya Anda periksakan ke dokter. Sekian dan terima kasih….

Wassalamualaikum….
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "5 Makanan Penyebab Sakit Kepala"

Back To Top