Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Cara Mengatasi Dan Mencegah Demam Berdarah


Cara Mengatasi Dan Mencegah Demam Berdarah | Assalamualaikum…… Demam berdarah adalah virus dengue yang di tularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Belakangan virus ini bisa mematikan. Banyak korban yang sudah terkena virus ini. Bahkan sampai korban jiwa. Kebanyakan yang sering terkena virus ini adalah anak – anak. Karena anak – anak sangat rentan terkena virus ini.

cara mengatasi dan mencegah demam berdarah
Manusia yang tinggal di sekitar tempat nyamuk Aedes Aegypti tersebut bersarang akan mudah terinfeksi virus dengue. Orang dewasa yang terinfeksi mungkin akan terkena penyakit demam berdarah dengue ringan atau berat, tergantung daya tahan tubuhnya. Virus dengue tidak bisa berkembang biak apabila daya tahan tubuh manusia cukup kuat.

Tentunya kita tidak ingin terserang virus itu bukan??? Mari kita simak Cara Mengatasi Dan Mencegah Demam Berdarah.

Kita kenali dahulu gejalanya.

 

Gejala penyakit DBD sampai sekarang memang tidak terduga. Namun secara umum, penyakit ini memiliki ciri seperti panas tinggi, pusing, bahkan muntah darah. Namun sayangnya, gejala yang sama sering ditemukan pada penyakit lain. Akibatnya, sampai sekarang sering terjadi salah diagnosis. Oleh sebab itu, Anda harus lebih waspada dan mengenali gejala lainnya.

 

Gejala Demam Berdarah

 

-Mendadak panas tinggi selama 2 – 7 hari, tampak lemah lesu suhu badan antara 38ºC sampai 40ºC atau lebih.
-Tampak binti-bintik merah pada kulit dan jika kulit direnggangkan bintik merah itu tidak hilang.
-Kadang-kadang perdarahan di hidung ( mimisan).
-Mungkin terjadi muntah darah atau berak darah
-Tes Torniquet positif
-Adanya perdarahan yang petekia, akimosis atau purpura
-Kadang-kadang nyeri ulu hati, karena terjadi perdarahan di lumbung
-Bila sudah parah, penderita gelisah, ujung tangan dan kaki dingin Berkeringat Perdarahan selaput lendir mukosa, alat cerna gastrointestinal, tempat suntikan atau ditempat lainnya
-Hematemesis atau melena
-Trombositopenia ( =100.000 per mm3)

Pertolongan Pertama Pada Penderita Demam berdarah

 

Kita juga harus lakukan pertolongan pertama pada penderita demam berdarah agar panasnya tidak semakin tinggi. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk pertolongan pertama terhadap penderita demam berdarah yaitu :

-Memberikan minum sebanyak mungkin
-Kompres agar panasnya turun
-Memberikan obat penurun panas
-Jika dalam waktu 3 hari demam tidak turun atau malah naik segera bawa ke rumah sakit atau puskesmas
-Jika tidak bisa minum atau muntah terus menerus, kondiai bertambah parah, kesadaran menurun atau hilang maka harus dirawat di rumah sakit.

Itu cara pertolongan pertama pada penderita demam berdarah. Tentunya kita lebih baik mencegah demam berdarah. Berikut ini cara mencegah demam berdarah.

1.Lakukan 4-M (Menguras, Menutup, Mengubur, dan Memantau)

Langkah ini merupakan langkah pencegahan paling umum disarankan untuk dilakukan. Mulai dari menguras berbagai tempat penyimpanan air, menutup tempat penampungan air, mengubur semua tempat atau sampah yang bisa menampung air dan tidak terpakai kemudian memantau selalu setiap penampungan air yang dimiliki sehingga begitu melihat ada jentik-jentik segera mengurasnya.

2. Tingkatkan kekebalan tubu

Jika saat ini dalam keadaan sehat maka perlu tetap menjaga daya tahan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karena pada dasarnya orang tertular penyakit termasuk demam berdarah karena daya tahan tubuh yang lemah. Itulah sebabnya perlu mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, banyak minum air putih, konsumsi suplemen vitamin bila perlu dan tentu saja hindari tempat-tempat yang sedang terjadi kasus demam berdarah.

3. Tutup lemari dan hindari menggantung pakaian

Hal ini yang sering diabaikan kebanyakan orang. Perlu kita ketahui bahwa berkembangnya nyamuk memang di genangan, namun untuk bertahan hidup nyamuk biasa bersembunyi di tempat-tempat yang tidak kita sadari. Menutup lemari dan menghindari menggantung pakaian ini untuk mengurangi habitat nyamuk, karena nyamuk suka sekali bersembunyi di pakaian yang menggantung saat kita membersihkan ruangan atau menyemprotkan obat anti nyamuk. Oleh karena itu, jika kita melakukan penyemprotan sebaiknya pastikan tidak ada kesempatan bagi nyamuk untuk bersembunyi salah satunya membereskan pakaian yang tergantung.

4. Fogging dan taburkan bubuk abate dengan rutin

Ini yang sering dilakukan warga untuk mengatasi perkembangan nyamuk DBD di lingkungan perumahannya. Fogging memang sangat cepat membunuh nyamuk-nyamuk yang berkembang di genangan-genangan air. Cara mencegah demam berdarah dengan pengasapan juga lebih efektif, untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit kita bersihkan seperti selokan dan saluran pipa. Lakukan pengasapan untuk memberantas nyamuk dewasa dan menaburkan bubuk abate di tempat penampungan air untuk membunuh jentik-jentik nyamuk agar memutuskan siklus hidup nyamuk.

5. Semprotkan obat anti nyamuk

Dengan menyemprotkan anti nyamuk dapat membunuh nyamuk dengan cepat. Pastikan bahaya obat nyamuk baik semprot ataupun bakar tidak membuat masalah kesehatan lainnya. Residu dari anti nyamuk tersebut tidak baik untuk pernapasan, namun sekarang sudah ada anti nyamuk tanpa residu.

6. Pasang kawat anti nyamuk

Mungkin sebagian orang belum tahu adanya kawat yang digunakan untuk mencegah kedatangan nyamuk. Pasang kawat anti nyamuk di ventilasi rumah dapat mengurangi nyamuk yang dari luar dan juga perlu menggunakan lotion anti nyamuk.

7. Sinar matahari masuk ke dalam rumah

Sinar matahari banyak manfaatnya selain untuk menerangi rumah bisa juga penghilang kelembaban ruangan. Selain nyamuk yang suka tempat lembab tapi virus-virus penyakit menular lain juga suka pada ruangan lembab seperti virus tuberculosis penyebab penyakit TBC Paru salah satunya.

8. Gunakan kelambu

Kelambu atau penutup tempat tidur adalah salah satu cara paling efektif dalam mencegah demam berdarah. Anda tidak perlu khawatir dengan banyaknya nyamuk.

9. Bersihkan tempat sekitar anda

Bersihkan got di tempat sekitar rumah anda, jangan biarkan ada tumbukan daun basah, atau daerah basah lainnya. Karena hal ini adalah penyebab nyamuk demam berdarah berkembang biak.

10. Hindari bermain di luar rumah menjelang malam

Menjelang malam adalah fase dimana nyamuk mulai bergentayangan mencari makan, jika anda sering keluar di malam hari, harap pertimbangkan.

Demikian Cara Mengatasi dan Mencegah Demam Berdarah. Semoga kita tidak terserang virus yang dapat mematikan itu. Amin…..
Sekian dan terima kasih

Wassalamualaikum…..
Tag : tips
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Dan Mencegah Demam Berdarah"

Back To Top