Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan



10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan | Assalamualaikum….. Saya akan berbagi info tentang 10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan. Terdapat banyak manfaat dari lemon. Lemon bisa digunakan  untuk merawat kulit wajah dan mengecilkan perut (diet) telah banyak membantu orang. Anda bisa merasakan khasiat dari buah lemon apabila tahu kalau di dalamnya banyak sekali kandungan senyawa bervitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam.
manfaat lemon
Buah ini mengandung vitamin C paling tinggi yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia dibandingkan jenis jeruk lain. Kandungan lemon lain misalnya vitamin C, karbohidrat, serat pangan, lemak, protein, kalsium, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5, dan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Terdapat pula kandungan asam sitrat yang menciptakan rasa asam.

Berikut ini 10 Manfaat Lemon




1. Meningkatkan kemampuan imun saat cuaca ekstrim


Musim dingin adalah waktu yang paling rentan membuat tubuh terserang penyakit seperti dingin dan batuk. Vitamin C di dalam lemon bisa menjadi solusi tepat untuk membantu Anda terjaga dari serangan penyakit musiman, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu menumpas virus agar tubuh kembali fit di cuaca ekstrim.

2. Menyeimbangkan pH Balance tubuh

 

pH adalah ukuran keseimbangan asam dan basa di dala tubuh, kondisi basa (alkali) menunjukkan tubuh dalam kondisi sehat atau positif sedangkan asam atau acid menunjukkan tubuh dalam kondisi kurang sehat atau negatif.

Normalnya, tubuh yang seimbang membutuhkan 80% alkali dan sisanya yakni 20% asam (acid) agar tetap stabil di segala cuaca. Namun, kebanyakan kita malah terbalik dalam pemenuhannya. Banyak makanan yang justru memicu peningkatan asam seperti nasi, es krim, cendol, daging, kopi, gula, dan roti yang banyak kita konsumsi.

Sementara makanan (sayur atau buah) yang membangun keseimbangan dengan memberi alkali seperti lemon malah kita jauhi atau jarang dikonsumsi. Mungkin Anda bingung kenapa lemon termasuk makanan beralkali. Alasannya, meski rasanya asam, lemon mengandung acid citric yang bagus untuk dikonsumsi karena memberikan alkali cukup yang nantinya akan menyeimbangkan jumlah asam dalam tubuh.

3. Memperbaiki kesalahan saluran cerna

 

Penyakit ringan yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti sembelit dan diare dapat diatasi dengan cara mengonsumsi air perasan lemon hangat. Kebiasaan ini akan membuat usus bergerak dengan baik untuk melancarkan buang air besar dan menjaganya tetap stabil.

4. Meningkatkan daya penglihatan

 

Kandungan antioksidan berupa vitamin C di dalam lemon mempunyai khasiat sebagai pelindung mata dari kerusakan, degenerasi, dan penuaan. Sedangkan flavonoid-nya memberi perlindungan terhadap mata dari iritasi dan infeksi. Fungsi lain dari lemon adalah obat sakit kepala akibat ketegangan mata, caranya dengan meminum air perasan lemon
  

5. Menurunkan berat badan



Manfaat lemon untuk diet (menurunkan berat badan) sudah terbukti sejak lama. Pemerhati diet sering menyarankan penggiat diet agar mengawali hari dengan minum secangkir air lemon hangat. Kandungan serat pangannya dapat membantu menurunkan berat badan.
 

6. Cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan wanita menopause

 

Dua masa yang pasti dialami oleh wanita tersebut terkadang membuat banyak wanita lebih fokus pada kondisi kesehatannya. Berbagai nutrisi memang diperlukan ketika hamil dan menopause. Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi berupa kalsium dan folat dengan konsumsi lemon segar yang setidaknya menyimpan 22 mg kalsium dan 5 mikrogram folat.

7. Mengobati batuk

 

Salah satu obat batuk yang praktis dan mudah dibuat adalah lemon yang dicampurkan dengan beberapa bahan alami lain. Banyak versi obat batuk dari lemon, Anda bisa memilih yang dirasa suka dan benar-benar mampu menyembuhkan batuk yang Anda alami. 

Salah satu resepnya adalah menyiapkan bahan berupa air perasan dari satu buah lemon, sesendok madu, dan sedikit garam. Campur semua dalam sendok hingga garam larut, saring, minum ramuan 2-3 kali sehari. Jika tidak ingin repot Anda cukup mencampurkan air perasan lemon dengan kecap



8. Meredakan infeksi pada tenggorokan

 

Terjadinya infeksi pada saluran tenggorokan atau istilah penyakitnya adalah radang tenggorokan membuat nafsu makan berkurang karena untuk menelan makanan terasa tidak nyaman. Jika dibiarkan pasti akan menimbulkan masalah lain.

Anda hanya butuh ramuan herbal untuk menyembuhkannya, misalnya dengan menggunakan ramuan herbal dari lemon. Pertama-tama, peras 3 buah lemon, kemudian campur dalam setengah gelas air panas, tuangkan sesendok madu dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan untuk berkumur selama 3 menit sebanyak 3 kali dalam sehari.


9. Mengencerkan dahak di tenggorokan

 

Ambil 2 buah lemon segar, potong, peras, dan tampung air di dalam gelas. Larutkan sedikit garam, aduk hingga rata. Minum sebelum makan. Jika ingin diberi perasa manis, Anda bisa menuangkan sesendok madu setelah melarutkan garam.

10. Menurunkan panas demam akibat malaria

 

Manfaat lemon untuk obat panas atau demam akibat malaria. Pertama, siapkan 3 lembar daun lemon, daun kendala, dan 5 lembar daun prasman. Rebus semua daun pada 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tunggu dingin, saring airnya, bagi menjadi dua untuk diminum pada pagi dan sore hari.

Demikian 10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan. semoga bermanfaat untu Anda. Sekian dan terima kasih….

Wassalamualaikum…..
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "10 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan"

Back To Top