Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Posisi Tidur Yang Dapat Berpengaruh Bagi Kesehatan



Posisi Tidur Yang Dapat Berpengaruh Bagi Kesehatan | Assalamualaikum….. seperti apakah posisi tidur Anda? Pada artikel sebelumnya saya mengulas tentang efek kurang tidur. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang posisi tidur yang dapat berpengaruh badi kesehatan. Tentunya ada beberapa posisi tidur yang pernah kita alami. Namun kita belum mengetahui atau bahkan tidak tahu apa pengaruhnya posisi tidur kita bagi kesehatan. Ingin tahu pengaruhnya???? Mari kita saimak……
Berikut ini beberapa posisi tidur yang pernah kita alami.

posisi tidur

1.      Tidur Dengan Badan Menghadap kiri

Tidur menghadap ke arah kiri dipercaya berdampak positif bagi sirkulasi darah, mencegah nyeri punggung, dan mengurangi gejala heartburn (rasa panas di dada).Posisi tidur seperti ini juga bisa membantu meringankan kerja jantung saat kita tertidur.Tetapi posisi tidur tersebut membuat seseorang rentan mengalami mimpi buruk. Kekurangan posisi ini adalah, "bisa menyebabkan kerutan dan payudara mengendur," ujar Dee Anna Glaser, MD, profesor dermatologi di Saint Louis University. Nah,, buat wanita yang sedang hamil, tidur menyamping ke sebelah kiri bisa menjadi pilihan karena dapat melancarkan aliran darah. 

2.      Tidur Dengan Badan Menghadap kanan 

Posisi tidur ini bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Para ahli mengatakan, tidur menghadap kanan membantu membersihkan produk buangan dari otak sehingga mencegah perkembangan penyakit saraf.Kekurangan dari posisi tidur ini adalah bisa membuat kita merasa lemas dan uring-uringan saat bangun tidur. Posisi tidur ini juga tidak diperbolehkan untuk wanita yang sedang hamil, karena bisa mengalami gangguan sirkulasi darah sehingga berefek negatif pada bayi. Itu menurut peneliti dari Selandia Baru. Tapi ya sudah seharusnya sih wanita yang sedang hamil menjaga kesehatan dirinya dan bayi yang sedang berada dalam kandungannya. 

3.      Tidur Dengan Badan telentang 

Posisi tidur ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menjaga kecantikan. Tidur telentang akan mencegah kulit wajah bergesekan dengan bantal sehingga risiko keriput bisa ditekan.Kekurangannya adalah rentan mengorok. Hal ini terjadi karena pengaruh gravitasi di saluran napas atas. Tetapi bagi para wanita yang ingin selalu cantik, posisi tidur ini adalah pilihan yang tepat. Resikonya cuma mengorok saja ko…heee… 

4.      Tidur Dengan Badan Tengkurap  

Posisi ini memberikan tekanan pada sendi dan otot yang dapat mengekibatkan nyeri hingga kesemutan. Tetapi posisi tengkurap baik untuk mereka yang mendengkur karena saluran udara atas menjadi lebih terbuka. Jika Anda tidak memiliki riwayat sakit punggung, leher dan suka mendengkur, posisi tidur tengkurap merupakan pilihan tepat.Orang yang tidurnya terbiasa tengkurap dipercaya lebih jarang mengalami mimpi buruk. Tapi ya itu mungkin hanya mitos… mungkin sebelum tidur kita lebih baik membayangkan hal-hal yang indah, agar kita bisa mimpi indah. 

5.      Tidur Dengan Badan Meringkuk 

Menurut Glaser, posisi tidur menyamping dengan lutut sejajar dengan pinggang dan dagu menempel pada dada, bisa membuat sendi-sendi terasa nyeri, terutama bagi mereka yang mengidap penyakit rematik. Posisi seperti ini juga membatasi pernapasan diafragma, menimbulkan kerutan dan payudara mengendur. Jika Anda suka tidur dengan posisi ini, sebaiknya jangan meringkuk terlalu ekstrem.

Demikian ulasan tentang Posisi Tidur Yang Dapat Berpengaruh Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan banyak begadang karena tidak ada gunanya. Tidurlah yang cukup, agar badan selalu fit dan siap beraktivitas. Sekian dan terima kasih….

Wassalamualaikum | Salam Sehat


Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Posisi Tidur Yang Dapat Berpengaruh Bagi Kesehatan"

Back To Top