Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

3 Cara Pencegahan Gangguan Rongga Mulut

3 Cara Pencegahan Gangguan Rongga Mulut | Assalamualaikum… Apakah mulut Anda sudah sehat?? Ada pepatah berbunyi, “Penyakit masuk lewat mulut, malapetaka keluar dari mulut.” Pesan tersebut sangat menggambarkan betapa pentingnya menjaga kesehatan mulut demi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ibarat pintu gerbang ke dalam rumah (tubuh), mulut harus selalu terjaga kesehatannya. 

Cara Pencegahan Gangguan Rongga Mulut

Maka, waspadailah tanda-tanda masalah kesehatan rongga mulut, seperti sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak dan bau mulut. Jagalah kesehatan mulut keluarga Anda. Bagaimana caranya?

1. Waspadai bakteri, dan jamur


Bakteri dapat menyebabkan gusi bengkak, gusi berdarah, dan bau mulut. Sedangkan jamur Candida dapat menyebabkan sariawan yang disebut Candidiasis. Dan berbagai penyakit pada rongga mulut lainnya dapat disebabkan oleh bakteri, dan jamur. Karena itu, mengatasi masalah rongga mulut harus dengan solusi yang efektif menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

2. Cegah penularan dan atasi infeksi berkelanjutan


Masalah rongga mulut yang menimpa salah satu anggota keluarga harus segera diatasi untuk mencegah penularan maupun infeksi berkelanjutan. Atasi segera gejala masalah kesehatan rongga mulut dan tenggorokan sebelum menjadi masalah kesehatan yang lebih besar.

3. Berkumur dengan obat kumur antiseptik yang tepat


Keputusan Menteri Kesehatan RI no. HK.02.02/Menkes/62/2015 mengenai panduan praktik klinis bagi dokter gigi juga mencantumkan tindakan berkumur dengan antiseptik kumur adalah tindakan untuk mengurangi atau menghilangkan gejala pada penyakit sariawan (stomatitis), gusi berdarah dan bengkak (gingivitis) dan napas tak segar/bau mulut (halitosis).

Berkumurlah dengan obat kumur antiseptik yang mengandung Povidone Iodine, seperti Betadine Obat Kumur, untuk membantu mengatasi masalah kesehatan rongga mulut seperti sakit tenggorokan, sariawan, gusi bengkak, dan napas tak sedap.

Demikian artikel tengtang 3 Cara Pencegahan Gangguan Rongga Mulut. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Wassalamualaikum…
Tag : Kesehatan
3 Komentar untuk "3 Cara Pencegahan Gangguan Rongga Mulut"

Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat sekali

This comment has been removed by the author. - Hapus

Back To Top