Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

7 Langkah Agar Mulut Tetap Segar Saat Puasa

7 Langkah Agar Mulut Tetap Segar Saat Puasa | Assalamualaikum….. Sebelumnya kami ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Di bulan puasa, bau mulut menjadi salah satu masalah yang harus dihindari. Namun, menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan semata untuk menghilangkan bau tak sedap, lho. Meskipun terkesan sederhana, menjaga kesehatan mulut ternyata bisa menghindari kita dari penyakit-penyakit berat. Bagaimana caranya? 

cara Agar Mulut Tetap Segar

Ibarat sebuah jembatan, mulut dan gigi adalah penghubung berbagai hal -utamanya makanan dan minuman- yang dimasukkan ke dalam tubuh. Tentu menjadi penting untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan “jembatan” tersebut.

Kesehatan mulut yang buruk membuat kita berisiko terkena aneka penyakit, mulai dari bau mulut, sariawan, gusi berdarah, kerusakan gigi, bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Ini dia langkah sederhana agar kesehatan dan kebersihan mulut senantiasa terjaga.

1. Rutin menggosok gigi dengan benar


Gosok gigi minimal dua kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur, agar kesegaran dan kesehatan mulut dan gigi terjaga. Lakukan gerakan menyikat yang benar, yaitu menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.

Pilih pasta gigi dengan kandungan yang aman. Pilih juga sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya ukurannya dan bulu sikatnya yang lembut, lalu gantilah per 3 bulan. Pastikan juga sikat gigi bersih sebelum digunakan, maka hindari menaruhnya sembarangan, misalnya di dekat toilet.

2. Jangan lupa menyikat lidah


Jangan hanya memperhatikan kebersihan gigi, tapi juga sikatlah lidah secara teratur. Lidah berfungsi sebagai pengecap yang sangat sensitif dan menjadi bagian yang banyak terpapar makanan. Sudah pasti lidah seringkali kotor dan harus dibersihkan.

3. Batasi konsumsi kopi dan teh


Kopi dan teh jika dikonsumsi berlebihan tak hanya berbahaya bagi lambung, namun juga bisa merusak kesehatan gigi dan mulut.

4. Konsumsi sayur dan buah


Buah dan sayur dapat membantu membersihkan gigi dari kotoran yang menempel. Saat menguyah, serat dalam buah dan sayur bagaikan sikat gigi alami yang membersihkan sisa makanan dan mengusir kuman-kuman dari mulut. Mulut pun terasa lebih segar.

Buah dan sayur mengandung serat, vitamin, dan mineral yang memperkuat gigi dan menghindarkan gusi dari luka. Sayuran yang mengandung vitamin A seperti wortel, brokoli, dan labu membantu pembentukan lapisan email gigi.

Rutinlah mengonsumsi apel, wortel, brokoli, labu, seledri, jeruk, jambu biji, kiwi. Atau, cobalah stroberi atau lemon yang konon berkhasiat memutihkan gigi secara alami.

5. Kurangi makanan manis


Batasi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, cokelat, es krim dan sebagainya. Kontrol pula makanan bertepung karena sisa-sisa makanan ini dapat menempel pada gigi. Kelebihan gula dapat merusak gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Selain rasanya tak nyaman, dapat memicu bau mulut.

6. Asupan bergizi seimbang


Pilih makanan bergizi seimbang dan kaya akan kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Susu adalah salah satu minuman yang mengandung kalsium tinggi. Konsumsilah susu atau produk olahannya, seperti yoghurt dan keju. Bisa juga mengonsumsi telur, ikan, atau bayam.

7. Cukupi kebutuhan air putih


Selain buah dan sayur, air putih memiliki banyak manfaat untuk membersihkan mulut dari segala sisa-sisa makanan yang ada di mulut dan sela-sela gigi.

Nah, itulah langkah-langkah agar mulut tetap segar saat puasa. Sehingga ibadah puasa kita lancar dan mendapat pahala. Amin…
Wassalamualaikum....
Tag : tips
0 Komentar untuk "7 Langkah Agar Mulut Tetap Segar Saat Puasa"

Back To Top