Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Siklus Tidur Manusia

Siklus Tidur Manusia | Assalamualaikum… Tidur sebenarnya cara alami manusia untuk mengembalikan energi, meregenerasi sel-sel yang rusak, dan menyembuhkan bagian tubuh yang luka. Ketika tertidur, terjadi aktivitas diotak yang melalui beberapa tahapan yang dinamakan sikulus tidur. Berikut ini tahapan atau siklus tidur manusia.

Tahap 1

 
Tahap tidur ringan sekaligus tahapan transisi antara kondisi bangun dan tertidur. Bila terbangun pada tahap ini, seseorang akan merasa tidak sedang tidur sama sekali. Pada kebanyakan orang, tahap 1 berlangsung selama 10 menit.
 

Tahap 2

 
Pada tahap ini, pergerakan bola mata terhenti, suhu tubuh menurun, serta detak jantung mulai melambat. Tubuh bersiap memasuki tahap tidur dalam. Tahap 2 berlangsung selama kurang lebih 20 menit.
 

Tahap 3 dan 4

 
Merupakan tahapan tidur dalam dimana tahap 4 lebih intens dibandingkan tahap 3. Sama sekali tidak ada aktifitas dari mata dan otot di beberapa bagian tubuh. Kedua tahapan ini terjadi 30 hingga 45 menit sejak pertama kali tertidur.
 

Non-Rem Sleep

 
Siklus Non-Rem (NREM) terdiri dari tahap 1-4 dan berlangsung selama kurang lebih 90-120 menit. Setelah berada di tahap 4, siklus tidur akan berulang ke tahap 3 dan 2 sebelum akhirnya masuk ke tahap tidur REM (Rapid Eye Movement). Siklus tidur yang normal pada umumnya mengikuti pola berikut: kondisi bangun, tahap 1,2,3,4,3,2,REM. Seseorang biasanya mengalami lima kali siklus tidur ketika beristirahat di malam hari.
 

Tahap REM (Rapid Eye Movement)

 
Merupakan tahapan tidur paling dalam yang ditandai dengan pergerakan bola mata yang cepat, pernapasan yang tidak teratur serta kondisi gelombang otak yang menyerupai kondisi otak ketia terbangun. Selain itu, terjadi pelemasan di otot tangan dan kaki. Sering kali disebut juga tidur mimpi karena pada tahap REM inilah mimpi terjadi. Pada penderita narkolepsi, terjadi kekacauan siklus tidur dimana tahap REM langsung terjadi ketika awal mulai tertidur.
 
Demikian artikel tentang siklus tidur pada manusia. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Wassalamualaikum….
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Siklus Tidur Manusia"

Back To Top