Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Resep Dan Cara Membuat Bubur Sumsum



Resep Dan Cara Membuat Bubur Sumsum | Assalamualaikum…. Bubur sumsum merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari. Rasanya yang gurih dipadu dengan lumuran gula jawa di atasnya membuat bubur sumsum ini cocok digunakan sebagai menu sarapan pagi. Bubur sumsum kebanyakan dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit, sebab rasanya yang nikmat. Namun tidak sedikit pula orang-orang membuatnya untuk dikonsumsi sendiri sebagai menu sarapan atau disajikan untuk acara tertentu dengan mengikuti tahap pembuatan dalam resep bubur sumsum.

Makanan ini termasuk sehat karena mengandung karbohidrat tinggi yang berasa dari bahan dasar tepung beras. Bubur sumsum ini dapat dijadikan sebagai menu pengganti nasi yang cukup dijadikan sumber energi, sehingga baik untuk kesehatan. Tapi, untuk ibu hamil disarankan agar tidak memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung santan, karena dikhawatirkan mengganggu perkembangan janin. Bubur sumsum banyak dijual di pasar-pasar atau di pinggir jalan. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah. Berikut resep dan cara membuat bubur sumsum.

bubur sumsum

Bahan:


  • 100 gram tepung beras
  • 500 ml santan kental
  • 3 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya

Bahan untuk saus manis:


  • 100 ml air
  • 200 gran gula aren (disisr halus)
  • 2 lembar daun pandan

Cara membuat bubur sumsum


  1. Bagilah santan kental menjadi dua bagian. Bagian pertama dipanaskan dengan daun pandan sambil terus diaduk hingga mendidih (gunakan api kecil) dan tidak pecah.
  2. Campurkan bagian santan yang kedua dengan tepung beras dan garam. Aduk sampai merata dan tuangkan kedalam santan bagian pertama, lalu aduk sampai menjadi bubur. Kemudian angkat dan dinginkan.
  3. Campurkan air dengan gula dan daun pandan untuk membuat saus manis, lalu rebus dengan menggunakan api sedang hingga mengental. Kemudian angkat dan dinginkan.
  4. Siram bubur yang telah dingin menggunakan saus manis.
  5. Bubur sumsum siap untuk disantap.

Nah itulah resep dan cara membuat bubur sumsum. Cukup mudah bukan? Sekarang Anda bisa mencoba membuat sendiri di rumah. Selamat mencoba…

Wassalamualaikum…
0 Komentar untuk "Resep Dan Cara Membuat Bubur Sumsum"

Back To Top