Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Cara Sederhana Mengatasi Wasir


Cara Sederhana Mengatasi Wasir | Assalamualaikum…. Kali ini saya akan berbagi info tentang Cara Mengatasi Wasir. Tentunya penyakit yang satu ini sudah tidak asing di telinga. Wasir dapat diatasi dengan obat-obatan yang di jual bebas seperti krim, lotion, ataupun gel, melalui prosedur pengobatan tertentu. Namun wasir juga bisa di atasi dengan pengobatan sederhana seperti berikut.
 

Diet

 
Diet adalah cara sederhana untuk mengatasi wasir. Penderita wasir dianjurkan agar membuat tinja mereka lebih lunak dengan cara meningkatkan konsumsi serat di dalam menu makanan mereka. Serat dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan seperti buah kering dan buah segar, sayuran, gandumg, dan sereal. Secara umum, dianjurkan agar anda mengkonsumsi 20-30 gram serat setiap harinya. Mengkonsumsi lebih banyak air putih juga dapat membantu melunakkan tinja anda.
 

Duduk di Atas Air Hangat

 
Duduk di atas air hangat juga cara sederhana untuk mengatasi wasir. Dengan cara duduk beberapa centimeter di atas air hangat tiga kali sehari selama 15-20 menit dapat membantu mengurangi peradangan pada wasir. Pastikan anda telah mengeringkan daerah sekitar anus setiap kali selesai sitz bath untuk mengurangi iritasi kulit di sekitar anus.
 

Obat yang Dijual Bebas di Pasaran

 
Berbagai jenis obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi wasir seperti salep, krim, gel, obat yang langsung dimasukkan ke anus (suppositoria).Salep, krim, dan gel biasanya dioleskan langsung pada daerah sekitar anus.Sedangkan obat suppositoria harus dimasukkan langsung ke dalam anus dengan bantuan jari tangan.
 

Skleroterapi

 
Cara yang satu ini merupakan salah satu bentuk pengobatan wasir yang paling tua.Saat proses skleroterapi, dilakukan penyuntikan suatu cairan (fenol atau quinine urea) ke dasar wasir.Hal ini menyebabkan pembuluh darah yang membengkak tersumbat dan membentuk jaringan parut. Anda mungkin dapat merasa nyeri setelah tindakan skleroterapi, tetapi rasa nyeri ini biasanya mereda keesokkan harinya. Sayangnya pengobatan ini tidak cukup ampuh untuk mengobati wasir. Wasir dapat timbul kembali setelah beberapa tahun dan membutuhkan pengobatan kembali.
 

Pencegahan

 
Kita lebih baik mencegah terjadinya wasir. Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Cara terbaik untuk mencegah terjadinya wasir adalah menjaga tinja anda tetap lunak sehingga dapat mudah melewati usus anda tanpa perlu mengedan.Mengkonsumsi diet tinggi serat dan mengkonsumsi banyak air putih (enam hingga delapan gelas setiap harinya) dapat membantu tinja anda tetap lunak dan pola BAB (buang air besar) yang teratur.Hal ini juga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit dan mengedan saat BAB, sehingga menurunkan resiko terbentuknya wasir baru.
 
Itulah Cara Sederhana Mengatasi Wasir. Jika anda menderita wasir, Anda bisa mencoba dari salah satu cara tersebut. Semoga bermanfaat untuk anda.
 
Sekian dan terima kasih….
 
Wassalamualaikum….
Tag : tips
0 Komentar untuk "Cara Sederhana Mengatasi Wasir"

Back To Top