Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Cara Merawat Wiper Mobil



 
Cara Merawat Wiper Mobil | Assalamualaikum….Bagi Anda pengguna mobil, disaat musim hujan pastinya Anda sering menggunakan wiper mobil. Agar pembersih kaca mobil Anda tetap maksimal, sebaiknya Anda selalu mengecek atau memeriksa kondisi wiper pada mobil Anda. Karena air hujan yang mengguyur kaca mobil akan memepengaruhi jarak pandang Anda ketika mengemudi.
 
Pada kecelakaan yang sering terjadi dimusim hujan, salah satu penyebabnya adalah karena pengemudi malas memeriksa wiper sehingga tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa tips agar wiper Anda selalu siap untuk digunakan dan umur pemakaiannya pun jadi lebih panjang.
 

Periksa Karet Wiper Secara Rutin

 
Jika karet wiper sudah terlihat getas, sebaiknya ganti dengan yang baru agar tida mengurangi performa pembersih pada kaca mobil Anda. Karet wiper yang sudah tidak layak dipakai juga bisa menimbulkan baretan pada kaca mobil.
 

Bersihkan Dengan Silicone Spray

 
Rajinlah membersihkan wiper dengan silicone spray agar tidak mudah retak dan menjadi keras. Anda cukup membersihkan ujung karet wiper, tidak perlu pada bagian pinggiran karet karena disitu terdapat lapisan kimia (graphite) yang berfungsi untuk menjaga elastisitas karet.
 

Gunakan Penyanggah

 
Saat Anda tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu yang lama, atau ketika diparkir di bawah terik matahari, sebaiknya wiper Anda ditahan dengan penyanggah sehingga tidak menempel pada kaca mobil. Dengan begitu, Anda juga mencegah kotoran tidak melekat pada ujung karet. Stand wiper ini dapat dibeli di toko aksesoris mobil dengan harga sekitar Rp 60 ribu.
 

Periksa Engkel Wiper

 
Untuk memeperlancar pergerakan naik turun wiper saat digunakan, sebaiknya semprot engkol wiper dengan 4WD secara rutin. Ini juga salah satu cara untuk mencegah karat.
 

Gunakan Air Dan Shampoo Mobil

 
Dianjurkan untuk tidak menggunakan produk tambahan yang sering dijual. Biasanya, pada produk tersebut terdapat kandungan asam yang akan mengendap dalam tangki air wiper, sehingga dapat menyumbat kelancaran penyemprotan air wiper. Cukup gunakan air yang dicampur dengan shampoo mobil yang murah dan mudah didapat.
 

Setel Dan Bersihkan Lubang Air Wiper

 
Agar penyemprotan air menyenytuh kaca mobil secara maksima, setel semprotan air wiper kearah kaca. Gunakan jarum pentul atau peniti untuk melancarkan serta menyetel arah semprotan air.
 
Demikian cara merawat wiper mobil. Dengan kaca mobil yang selalu bersih, tentunya Anda akan lebih nyaman untuk berkendara. Jadi rawat dengan baik wiper mobil Anda. Sekian dan terima kasih……
 
Wassalamualaikum….
Tag : tips
0 Komentar untuk "Cara Merawat Wiper Mobil"

Back To Top