Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

7 Cara Dongkrak Stamina



cara dongkrak stamina

7 Cara Dongkrak Stamina | Assalamualaikum….. Hidup Anda akan lebih baik jika memiliki ketahanan tubuh yang  yang sempurna. Apakah Anda sering merasa lelah dan tidak bersemangat? Bisa jadi stamina Anda sedang merosot. Anda tidak perlu menjadi seorang atlet profeioanal untuk merasakan pentingnya memiliki daya tahan tubuh yang baik. Dalam dunia bisnis misalanya, jika berbekal stamina yang prima, Anda tidak perlu takut merasa cepat lelah ketika menghadapi  marathon rapat. Ujung-ujungnya, Anda jadi lebih kompetitif dibandingkan dengan para saingan bisnis Anda. Simak tip-tip di bawah ini untuk mendapatkan stamina yang akan membuat Anda bertahan spanjang hari.

1.OLAHRAGA


Ini jalan utama Anda menuju stamina yang prima. Olahraga jenis aerobic seperti bersepeda, renag, dan lari, bisa menghalau rasa lelah an mendongkrak daya tahan tubuh Anda.

 



2.MULAI PERLAHAN


Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah tidak melakukan latihan pendongkrak stamina dengan terburu-buru. Lebih baik Anda menaikan porsi dan durasi latian secara bertahap dan konsisten ketimbang memaksakan diri untuk melakukan semua program latihan sekaligus. Pada sesi-sesi awal, sebaiknya Anda mengkombnasikan berjalan dan berlari sebelum akhirnya Anda membangun cukup stamina untuk berlari penuh. Patuhi aturan 10 persen, jangan menambah porsi latihan lebih dari 10 persen setiap minggunya. Metode latihan bertahap juga bertujuan untuk mengurangi resiko cidera akibat fisik Anda yang belum siap.



3.USIR DEHIDRASI


Ketika latihan, tubuh akan kehilangan banyak cairan yang keluar melalui keringat. Padahal, komposisi caiaran dalam tubuh yang cukup sangat mempengruhi metabolisme dan peredaran darah. Jika cairan yang hilang tidak secepatnya diganti. Anda akan mudah merasa lelah dan mengalami penurunan performa secara drastis “minumlah cairan yang mengandung elektrolit dalam jangka waktu 45 menit setelah latihan”. Rehidrasi yang tepat akan menghindarkan Anda dari cidera.

4.ISTIRAHAT


Kembalikan energy yang terbuang dengan beristirahat setelah latihan. Dalam seminggu, berikan tubuh Anda sehari penuh untuk beristirahat dan memulihkan jaringan-jaringan tubuh yang rusak.

5.JEDA SECUKUPNYA


Konsistensi lathan adalah kunci utama untuk mendapatkan stamina lebih. Jeda yang terlalu lama bisa dapat merusak ritme latihan yang telah Anda bangun dengan susah payah. Latihan singkat namun rutin walaupun hanya 10-15 menit di tengah kesibukan Anda dapat berdampak positif mendongkrak daya tahan tubuh Anda.

6.JAGA MOTIVASI


Konsistensi hanya akan terbangun jika Anda memiliki motivasi yang setangguh baja. Lebih baik berlatih bersama seorang partner untuk saling memotivasi dan fokus pada tujuan latihan.



7.NUTRISI MEMADAI


Semua latihan yang Anda lakukan hanya akan berakhir sis-sia jika Anda masih saja makan sembarangan. Jika Anda mudah merasa lelah, cek kembali apa saja yang telah Anda makan. Makanan berlemak dan berkalori tinggi seperti daging merah, greng-gorengan, mayones, dan es krim hanya akan menambah kadar lemak Anda tanpa memberikan suplai energy yang berarti. Lebih baik mengkonsumsi makanan kaya serat seperti sereal, gandum, buah-buahan, dan sayur-sayuran yang dapat meningkatkan performa latihan dan tentunya, stamina Anda.

Itulah 7 cara dongkrak stamina, pastinya Anda menginginkan daya tahan tubuh Anda tetap terjaga sepanjang hari. Semoga bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih….

Wassalamualikum…
Tag : Olahraga, tips
0 Komentar untuk "7 Cara Dongkrak Stamina"

Back To Top