Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

Tips Menambah Hidangan Semakin Lezat Dengan Jeruk

Tips Menambah Hidangan Semakin Lezat Dengan Jeruk | Assalamualaikum.... Jeruk sering digunakan untuk menghilangkan bau amis atau menambah aroma dalam masakan. Tetapi, jenis jeruk manakah yang tepat untuk semua itu? Kenali dulu jenis jeruk untuk memasak. Jeruk memiliki aroma khas yang segar yang sering digunakan sebagai penambah aroma dalam setiap masakan. Airnya sering digunakan untuk menghilangkan bau amis dari ikan atau untuk membuat sambal. Biasanya yang digunakan adalah jeruk nipis dan jeruk purut. Tetapi, jenis jeruk manakah yang tepat untuk semua itu? Karena, jeruk purut tidak sama dalam penggunaannya dengan jeruk nipis. Untuk itu kita wajib mengenal jenis jeruk untuk memasak.

menambah hidangan semakin lezat

 

Jeruk Nipis


Jenis jeruk nipis adalah jenis jeruk yang biasa dimanfaatkan airnya. Biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau ayam. Selain itu juga untuk membuat minuman hangat atau dingin. Bentuknya bulat sebesar bola pingpong dengan kulit berwarna hijau.

Jeruk Purut


Kulit buah jeruk purut biasanya dimanfaatkan untuk membuat masakan atau kue. Selain kulit buahnya, jeruk purut juga dimanfaatkan bagian daunnya. Bentuknya bulat dengan bagian tangkai buah menonjol. Yang menjadi ciri utama dari jeruk purut adalah kulit buahnya yang berkerut-kerut.

Jeruk Lemon Cui


Orang China atau Manado memanfaatkan jenis jeruk ini sebagai sambal atau untuk mengolah seafood. Bentuknya kecil dengan kulit buah hijau kekuningan dengan kandungan air yang banyak.

Jeruk Lemon


Jenis jeruk lemon ini ada dua: jeruk lemon lokal berkulit hijau muda kekuningan dengan bentuk sedikit lonjong seperti telur ayam kampung. Sedangkan jeruk lemon impor memiliki warna kuning cerah dengan bentuk lonjong sebesar telur ayam atau bebek. Selain airnya yang dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis, atau campuran dalam membuat saus pada salad, kulit jeruk lemon sering digunakan dalam membuat kue. Caranya dengan memarut kulit jeruk lemon dengan parutan keju, dan mencampurnya dalam adonan atau ditaburkan di atas kue.

Jeruk Limau

Jeruk limau memiliki warna hijau gelap dengan sedikit kerutan di bagian luarnya, tetapi tidak seperti jeruk purut. Selain airnya yang dimanfaatkan untuk campuran bumbu gado-gado atau sate, air jeruk limau sangat pas untuk campuran dalam membuat sambal terasi. Kulit jeruk limau juga dapat dimanfaatkan sebagai pengganti daun jeruk untuk memasak.

Setelah mengenal berbagai jenis jeruk untuk memasak, hidangan yang Anda buat pasti akan semakin lezat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Wassalamualaikum….
Tag : tips
0 Komentar untuk "Tips Menambah Hidangan Semakin Lezat Dengan Jeruk"

Back To Top