Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

5 Cara Mencegah Sakit Punggung

5 Cara Mencegah Sakit Punggung | Assalamualaikum…..Apakah Anda sering merasa sakit punggung? Biasanya hal itu dikarenakan beberapa kebiasaan keliru yang sering kita lakukan. Sebenarnya kita dapat mencegah sakit punggung dengan cara-cara sederhana.
 
Berikut cara untuk mencegah sakit punggung:
 

1.Duduk dengan posisi yang benar

 
 
Kita tidak memerlukan kursi kantor yang dirancang mewah. Dengan memiliki kebiasaan duduk yang baik, dapat mencegah punggung kita terasa sakit. kita bisa duduk dengan melengkungkan badan menyerupai huruf S, bukan C. Lalu setiap setengah jam, bangun dan berjalanlah beberapa detik untuk meregangkan tubuh.
 

2. Tegak saat berdiri

 
Kita perlu berdiri dengan tegak untuk menghindari sakit punggung. Caranya, kita bisa membayangkan garis lurus turun melalui tubuh kita dari langit-langit.Telinga, bahu, pinggul, dan lutut harus sejajar dengan garis tersebut. Lalu kepala kita seharusnya ditumpuk di atas leher, tidak mendongak ke atas. Sehingga aliran darah menjadi lancar.
 

3. Jangan merokok

 
Sudah tidak di pungkiri lagi bahwa rokok dapat merusak kesehatan tubuh kita. Orang yang merokok lebih berisiko untuk sakit punggung, dibandingkan dengan yang tidak merokok. Hal ini mungkin disebabkan efek dari rokok yang mengurangi aliran darah ke tulang belakang.
 

4. Pelajari cara untuk mengangkat barang

 
 
Ketika mengangkat barang, khususnya barang besar kita perlu berhati-hati. Kita bisa mulai dengan bersandar terlebih dahulu. Lalu tekuklah satu lulut,dan panjangkan kaki lainnya di belakang kita. Kita juga bisa sambil memegang kursi atau meja sebagai dukungan untuk menjaga keseimbangan.
 

5. Kurangi tumpukan bantal tidur

 
Bagi kita yang sering menggunakan bantal bertumpuk-tumpuk saat tidur perlu hati-hati. tidur dengan dua atau tiga bantal di bawah leher dapat membuat otot-otot menjadi tegang. Dan leher juga bisa terasa pegal.
 
Demikian cara untuk mencegah sakit punggung. Sebagai seorang pekerja, tentunya akan memeperhatikan resiko yang akan dirasakan oleh tubuh kita. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam melakukan suatu pekerjaan. Sekian dan terima kasih…..
 
Wassalamualaikum | Salam Sehat
Tag : tips
0 Komentar untuk "5 Cara Mencegah Sakit Punggung"

Back To Top