Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

10 Cara Alami Obati Sariawan

10 Cara Alami Obati Sariawan | Assalamualaikum…. Apakah Anda sedang menderita karena sariawan??? Sariawan merupakan penyakit yang sering dialami orang banyak yaitu pada bagian mulut yang berbentuk luka, dengan cekungan berwarna bercak putih. Luka sariawan ini walaupun hanya sedikit namun rasa sakitnya bisa dianggap membuat menderita orang yang sedang mengalaminya. 

sariawan

Sariawan bisa mengganggu seseorang ketika sedang berbicara, minum, dan makan. Sakit pada saat sariawan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari yang menyebabkan seseorang menderita selama beberapa hari bahkan berbulan-bulan.

Seseorang yang menderita sariawan diantaranya akan mengakibatkan orang tersebut malas berbicara, malas minum, dan malas makan. Timbulnya sariawan biasanya berada di bagian dalam bibir, lidah, bagian dasar mulut, dan sering juga terdapat di langit-langit pada mulut dan bagian gusi.

1. Membuat sendiri pasta mengandung garam dicampur dengan baking soda


Cara pembuatannya terbilang mudah, dengan mencampurkan baking soda, setelah itu masukkan air sedikit saja. Aduk sebentar, lalu oleskan itu pada luka sariawan di mulut Anda dan tunggulah beberapa menit sekitar 10 sampai 15 menit. Lalu basuh itu dengan air hingga bersih.

2. Minum air kelapa


Minum air kelapa juga bisa berfungsi sebagai pendingin yang berdampak positif pada tenangnya sistem pencernaan kita. Air kelapa biasanya bermanfaat sebagai solusi bagi orang yang sedang dehidrasi. Jadi, air kelapa ini cocok untuk mengatasi atau mengobati sakit sariawan.

3. Membuat pasta yang terdiri dari pisang dan madu


Cara membuatnya adalah haluskan buah pisang, bisa dihaluskan dengan menggunakan alat sendok ataupun diblender. Setelah halus, campurkan madu secukupnya. Lalu oleskan itu pada luka sariawan di mulut atau lidah. Fungsi dari itu semua adalah sebagai pencegahan dari peradangan pada sariawan. Sehingga tidak berlanjut ke arah yang lebih parah.

4. Mengunyah daun jambu biji bisa menjadi obat sariawan


Mungkin kita jarang mengetahui hal ini, karena daun jambu biji sering dikenal orang sebagai obat untuk sakit perut. Cara mengobati sariawan dengan daun jambu biji adalah dengan mengunyah 1 atau 2 lembar daun jambu biji, lalu setelah itu berkumurlah hingga bersih.

5. Minum yogurt


Apakah Anda sudah tahu bahwa yogurt dapat digunakan sebagai pencegahan juga pengobatan terhadapt sariawan? Yogurt berfungsi sebagai penyeimbang adanya bakteri yang berada di mulut dan juga pada tubuh.

6. Minum vitamin


Sariawan disebabkan karena kurangnya asupan makanan atau obat yang mengandung zat besi, vitamin B, vitamin C, serta asam folat. Kandungan tersebut sangat baik untuk mencegah dan juga mengobati luka dan sakit pada sariawan. Untuk itulah, Anda harus mengkonsumsi vitamin, zat besi dan asam folat.

7. Makan buah yang mengandung vitamin C


Memakan jenis buah-buahan yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi, seperti misalnya buah jeruk, nanas, tomat dan lain sebagainya. Tujuan dan manfaatnya adalah untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin C di dalam tubuh Anda. Sehingga terhindar dari penyakit, salah satunya sariawan ini.

8. Menempelkan irisan bawang putih atau papaya


Mengobati sariawan juga Anda bisa lakukan dengan cara menempelkan irisan bawang putih ataupun pepaya pada bagian mulut Anda yang terkena sariawan.

9. Menggunakan kunyit


Obat sariawan menggunakan kunyit yang tidak hanya dikenal sebagai bahan untuk bumbu dapur, rempah-rempah, komposisi jamu. Ternyata kunyit juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Selain untuk penyembuhan pada penyakit yang ada di bagian lambung dan pada sistem saluran pencernaan. Untuk Anda yang ingin menyembuhkan sakit sariawan dengan kunyit, caranya mudah yaitu membuat pasta dari kunyit. Langkah awalnya adalah bersihkan kunyit dengan air, haluskan atau tumbuk kunyit tersebut, lalu campurkan kunyit yang sudah dihaluskan itu dengan teh gliserin sebanyak satu sendok teh saja. Setelah semuanya tercampur, oleskanlah pada luka sariawan Anda. Insya ALLAH, sariawan Anda akan segera sembuh.

10. Berkumur-kumur dengan air yang sudah dicampur dengan garam


Cara ini praktis karena cukup dengan air yang sudah dicampur dengan garam, lalu dikumur-kumurkan ke dalam mulut yang terkena sariawan. Disarankan air yang digunakan adalah air hangat. Terapkan cara ini sebanyak tiga kali dalam sehari agar sariawan cepat terobati dan sembuh. Mengapa menggunakan air yang ada garamnya? Karena garam bisa menyerap cairan yang ada pada luka sariawan, sehingga mampu mengobati sariawan dengan lebih cepat.

Nah,, itulah 10 Cara Alami Obati Sariawan. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang menderita karena sariawan.

Wassalamualaikum…
Tag : tips
0 Komentar untuk "10 Cara Alami Obati Sariawan"

Back To Top