Kumpulan resep memasak makanan, aneka kue, info kesehatan, dan tips

7 Gerakan Dasar Yoga

7 Gerakan Dasar Yoga | Assalamualaikum…. Info berikut ini masih dengan gerakan yoga. Olahraga yoga mempunyai segudang manfaat. Mulai dari menjaga kekuatan otot tubuh, kelenturan tubuh, dan juga keseimbangan badan. Selain itu bisa juga mengurangi stres dan membuat kita bisa merasa lebih rileks dan tenang. Sejumlah penelitian menemukan bahwa yoga bisa mengurangi gejala rasa cemas dan juga penyakit kronis lebih baik dibandingkan terapi tradisional lainnya. buat Anda yang tertarik untuk mencoba yoga, yuk kita coba 8 gerakan dasar ini.

7 gerakan dasar yoga ini sangat cocok untuk para pemula. Anda pun bisa langsung mencobanya di rumah. Gerakan ini juga cocok untuk Anda yang jarang olahraga. Kalau sudah menguasai gerakan ini dengan baik, Anda bisa melangkah ke tahapan olahraga yoga yang lebih sulit.

1. Gerakan Sukhasana


Gerakan ini merupakan gerakan khas meditasi yang dapat membantu meluruskan kembali tulang punggung, mengurangi metabolisme serta meningkatkan ketenangan dalam diri.Duduk bersila di atas matras yoga, kedua tangan di lutut. Tegakkan punggung. Pejamkan mata, tarik napas perlahan-lahan. Gerakan ini bisa membantu Anda redakan stres.

gerakan yoga
Gerakan Sukhasana

2. Gerakan Cat-Cow Pose



Gerakan Cow-cat pose adalah salah satu pose yoga yang dianggap efektif mengurangi nyeri dan pegal pada leher dan punggung. Gerakannya juga sangat sederhana dan mudah dilakukan. Pertama, lakukan cow pose, yaitu berlutut dengan kedua tangan menahan di lantai. Pastikan tangan sejajar bahu dan lutut sejajar pinggul. Ambil nafas sambil lurus menatap ke depan dan perlahan gerakkan punggung sambil menengadah dan menghadap ke depan.

Setelah itu, lakukan cat pose sambil menghembuskan nafas. Gerakannya kebalikan dari cow-pose. Dagu ditarik ke arah dada sementara punggung melengkung secara perlahan ke atas. Lakukan kedua pose ini berulang sebanyak 7-10 kali secara perlahan seiring nafas.

yoga
Gerakan Cat-Cow pose

3. Gerakan Tree Pose


Pada tree pose dilakukan peregangan pinggul, paha bagian dalam, memperkuat kaki, dan tulang belakang. Gerakan ini sangat baik pada saat hari-hari ketika pikiran sedang kacau, yang bertujuan untuk memusatkan pikiran dan membuat rileks. Berdiri tegak, kedua tangan ditangkupkan di depan dada. Angkat kaki kanan, lipat ke paha kiri. Tahan 30 detik, ganti kaki yang satunya. Gerakan ini juga bisa membantu menjaga keseimbangan tubuh Anda. 

gerakan yoga
Gerakan Tree Pose

4. Gerakan Downward-Facing Dog


Posisikan tubuh Anda menjadi huruf V terbalik seperi pada gambar. Angkat pergelangan kaki dengan posisi berjinjit, kembali seperti semula, lalu jinjit lagi. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk fleksibilitas tubuh. Teknik ini berfungsi untuk meregangkan tulang belakang, paha belakang, glutes, betis, memperkuat deltoids, triceps.

gerakan yoga
Gerakan Downward-Facing dog

 5. Gerakan Child’s Pose


Gerakan ini paling ampuh untuk membuat tubuh lebih rileks. Duduklah dengan kedua kaki dilipat ke bawah, luruskan punggung dengan kedua tangan menjulur ke depan. Tahan sambil bernapas teratur sesuai dengan kebutuhan.

yoga
Gerakan Child's Pose

6. Gerakan Pigeon Pose


Yoga Pose ini dapat meningkatkan risiko jika menggerakkan kaki depan terlalu jauh ke depan dan membuat sudut yang terlalu lebar antara kaki bagian atas dan bawah. Dalam posisi duduk, putar tubuh ke kiri, kaki kanan menjulur ke samping kanan. Lalu lipat kaki kiri ke dalam berada di antara dua telapak tangan yang ditumpukan ke matras. Tahan sampai lima kali hitungan tarikan napas. Lalu ganti posisi. Tekanan pada kaki depan akan semakin membantu membuka pinggul. Tips untuk melakukan pose ini adalah agar melakukannya perlahan-lahan dan bertahap agar terhindar dari cedera.

gerakan yoga
Gerakan Pigeon Pose

 7. Gerakan Viparita Karani


Pose ini dapat dilakukan setiap hari di rumah sebelum tidur atau saat bangun tidur. Dengan memposisikan tubuh berbaring di lantai atau ranjang lalu mengangkat kedua kaki ke atas sehingga menempel pada dinding. Tak hanya mampu mencegah hipertensi, bahkan pose ini dipercaya mampu menyembuhkan sakit kepala dan migran.

Saat tubuh berada pada pose Viparita Karani, sirkulasi darah akan terangsang dan aliran darah akan mengalir lebih kuat, serta akan memasok oksigen ke dalam darah lebih efektif.

Agar darah mengalir lebih lancar, berbaringlah dengan kedua kaki yang diangkat dan disandarkan menempel dinding. Kedua tangan direntangkan ke samping.
yoga
Gerakan Viparita Karani


Nah,, seperti itulah 7 gerakan dasar yoga. Semoga bisa membantu Anda yang baru akan memulai yoga. Selamat mencoba…

Wassalamualaikum…
Tag : Olahraga
0 Komentar untuk "7 Gerakan Dasar Yoga"

Back To Top